Kini jadi anggota Gema Pembebasan makin mudah. Mahasiswa putera dan puteri di Jawa Timur, daftarkan diri Anda jadi anggota Gema Pembebasan secara online. Gratis! Tinggal buka weblog Gema Pembebasan Jawa Timur dan isi formulirnya. Semua biodata kamu akan langsung masuk ke database Pengurus Wilayah (PW) dan segera ditindaklanjuti per kota atau bahkan per kampus.

Form Pendaftaran Anggota Gema Pembebasan

     
   

 
   
     

Tuesday, March 27, 2007

WEBLOG: MEMBANGUN SITUS WEB SENDIRI

Sebuah jalan pintas yang kini menjamur di dunia maya. Menjadikan siapapun dapat membuat kapling sekedar mejeng di internet secara instan.

Weblog telah populer sejak awal tahun 2000-an. Weblog atau lebih sering disebut blog saja adalah tulisan-tulisan yang dipublikasikan lewat internet oleh individu atau kelompok. Lalu, apa bedanya dengan situs web (website)? Begini: tampilan weblog biasanya lebih sederhana, dapat ditemukan dengan cepat persamaan layout temanya dengan blog lain, dan tentu, lebih merepresentasikan keseharian penulisnya. Makanya banyak yang mengatakan kalau blog ini adalah diary (buku harian) on line, atau jurnal yang dipublikasikan lewat internet.

Adalah provider blog besar yang memulai usaha ini dari awal tahun 2000. Sebut saja blogspot (www.blogspot.com), blog-city (www.blog-city.com), blogdrive (www.blogdrive.com), mblog (www.mblog.com), dan blogger (www.blogger.com). Mereka semua adalah kekuatan besar di tengah dunia weblog. Menyadari sekarang peminatnya banyak, maka makin banyak pula yang menyediakan layanan ini. Blog sebenarnya dimulai oleh individu-individu yang ingin menuangkan aktifitas kesehariannya secara lebih detil. Para maniak internet yang setiap hari pekerjaannya menuntut untuk tetap di depan komputer yang terkoneksi, seperti jurnalis muda, penulis, juga mahasiswa (terutama yang ada di kota-kota besar mancanegara yang koneksi internetnya bagus) adalah para pelopor cara penulisan blog. Sekitar dekade 1990-an, banyak bertebaran situs web pribadi yang tampilannya sederhanadan di-host secara gratisan dengan menggunakan berbagai layanan di internet. Banyak yang mengatakan bahwa cara penulisan mereka yang mirip diary itu merupakan cikal bakal layanan blog saat ini.

Para investor bidang teknologi informasi rupanya melihat celah ini dan memutar otak: bagaimana membuat sebuah layanan untuk membuat sebuah situs web pribadi yang mudah dan murah? Dan tak berselang, muncullah layanan blog sebagai sebuah fenomena baru.

Isi dan Pembaca Blog

Apa yang ditulis orang-orang dalam blog-nya? Blog sesungguhnya adalah representasi dari perasaan. Blog mewakili dari apa yang dirasakan dan dipikirkan oleh penulisnya. Selain itu, blog merupakan tempat untuk berbagi pendapat dan berinteraksi dengan orang lain, baik di bidang agama, sosial, politik, seni, atau budaya. Banyak orang membuat blog untuk mengelompokkan ide-ide atau pengalaman mereka, dan langsung dibagi kepada orang-orang di internet yang membacanya. Ada yang membahas tentang ide-ide atau keyakinan tertentu. Tentu saja, kita bisa menggunakan blog sebagai sarana syiar dan dakwah. Rekan-rekan Tarbiyah sudah lama memanfaatkan media weblog ini dalam dakwah mereka. Sekarang bagaimana dengan kita? Ada juga yang mengutip perkataan orang yang bijak di dalam sejarah manusia, agar dapat berbagi ilmu dengan yang lain. Para wartawan muda menggunakan blog untuk membeberkan fakta. Plus, seabreg kegunaan lainnya.

Pertanyaan besar selanjutnya adalah: siapa yang akan membaca tulisan-tulisan di blog tersebut? Jika seseorang punya pikiran bahwa blog miliknya tidak seterkenal blog lain yang mungkin lebih mapan, maaf, tinggalkan pikiran seperti itu. Sesungguhnya banyak trik dan cara untuk membuat blog disinggahi oleh para surfer internet. Sekadar informasi, traffic internet bisa mencapai jutaan orang perjamnya, dan dengan mesin pencarian global, data sekecil apapun sekarang amat potensial untuk segera ditemukan. Nah, tak beda dengan blog, yang merupakan manifestasi diri Anda, pasti ada saja yang mengunjungi. Minimal, ya teman dan keluarga. Atau mungkin para surfer yang tersesat, teman-teman di komunitas blog lain yang ingin memperluas jaringan, dan sebagainya.

Dari pengalaman pribadi, rata-rata dalam satu bulan jika Anda rajin mem-posting (posting adalah istilah untuk satu kali menerbitkan cerita atau artikel di dalam blog Anda), maka akan ada 200-an user yang mengunjungi, minimal melewati blog Anda tersebut. Balum lagi kalkulasi teman dan keluarga yang akan senang sekali membaca tulisan-tulisan Anda, plus teman-teman baru dalam dunia blog nantinya. Pasti banyak sekali yang akan mengunjungi blog Anda, bukan?

Membangun Blog Sendiri

Pertama-tama, tentukan dulu Anda ingin punya blog dimana. Banyak jasa layanan blog yang tersedia, seperti yang telah diterangkan di atas. Nah, layanan dan fasilitas yang disediakan sebenarnya hampir sama, termasuk kemudahan dan kepraktisannya. Anda tinggal mendaftar dengan memasukkan kode login, password, email dan data yang diperlukan.

Yang patut diperhatikan adalah model yang digunakan dalam setting blog nantinya. Para pengguna internet yang mahir dan mengerti bahasa HTML (Hyper Text Markup Language) dan skrip lain dalam dunia internet dapat menggunakan mode HTML serta bisa mengatur setting semuanya dengan mode yang sama. Sementara bagi para pemula, tidak perlu bingung. Ada software canggih yang bisa membuat proses setting halaman blog Anda menjadi lebih mudah. Kita tinggal memasukkan teks, mengatur alignment teks, menentukan dimana akan meletakkan dan menggeser gambar, memasukkan hyperlink (koneksi ke halaman web lainnya), dan berbagai layanan mudah lainnya.

Selanjutnya, nama. Ini merupakan ikon dari weblog Anda. Semakin catchy nama yang Anda tawarkan, maka mungkin akan berbanding lurus dengan larisnya blog. Ibaratnya, nama merupakan nyawa dari blog Anda. Jika Anda memilih blog city sebagai pelayan jasa blog Anda, dan Anda ingin menamakan blog Anda “surga”, maka blog itu dapat didaftarkan sehingga tercatat menjadi www.surga.blog-city.com. Pilihlah nama yang bagus dan mudah diingat.

Theme, Layout, dan Posting

Banyak cara untuk menuangkan pikiran kita ke dalam blog. Yang pertama kali harus difikirkan adalah tema blog Anda. Ada banyak blog dengan segmen dan ‘jualan’ yang khusus diperuntukkan bagi kalangan tertentu saja. Banyak blog yang membahas apa saja. Dari sini dapat disimpulkan bahwa tema blog secara garis besar terbagi menjadi dua. Pertama adalah segmented blog; yaitu yang isinya menuruti pakem dan tema tertentu (contohnya: blog yang khusus membahas Al-Quran, politik, seni, dan lain-lain). Kedua adalah zig-zag blog, yaitu blog bertema acak: terserah penulisnya. Di suatu waktu, blog tersebut membicarakan tentang agama, sementara di lain waktu membahas seni. Pilihlah theme yang terbaik menurut Anda.

Mengacu kepada kata "theme", ada sebuah layanan yang kebanyakan tersedia di semua weblog yang memudahkan pengguna menyelaraskan tema dan layout tulisan. Theme dalam layout adalah tool (alat) untuk memilih paduan warna dan susunan bagian-bagian dalam blog (susunan header, judul, body, gutter, dan setting lainnya). Anda dapat memilih dari beberapa theme yang disediakan oleh penyedia jasa weblog tersebut.

Aturan layout selanjutnya yang paling penting adalah KISS (Keep It Simple, Stupid). Maksudnya, dengan kesederhanaan kita dapat membuat orang nyaman membaca blog kita. Hiasi dengan gambar seperlunya, minimal foto sebagai identitas. Pastikan pembaca asyik menikmati blog tersebut, dan tetap ingin berkunjung di masa mendatang.

Tulis karya Anda dahulu di waktu luang, lalu edit dengan benar sehingga posting dapat berjalan dengan singkat. Hindarilah menulis langsung di layanan blog, karena biasanya sulit mengeditnya. Jika Anda menilai karya final ini sudah layak posting, maka langsung klik tombol publish atau blog this. Sangat mudah, bukan?

Commenting System dan Sentuhan Akhir

Layanan interaktif lainnya dalam blog adalah commenting system. Fitur ini memungkinkan adanya umpan balik dari pengunjung blog terhadap isi yang ditampilkan. Melalui fitur ini pula Anda akan dapat mencari jejak teman, saudara, bahkan user yang mengunjungi blog Anda tersebut. Juga, kesempatan mencari teman dan relasi baru menjadi terbuka lebar.

Sebagai sentuhan akhir, banyak hiasan yang bisa ditempelkan dalam blog. Bisa dengan mencantumkan gambar-gambar, kalender, link atau ke situs blog lain, atau bahkan tagboard (papan pesan yang berguna bagi pengunjung yang ingin menyampaikan pesan secara cepat dan ringkas). Semua tinggal pilih.

Untuk mewujudkan impian memiliki blog, peminat dapat mencoba langsung mengunjungi penyedia layanan blog ini. Nekad saja, toh jika salah kita masih memiliki kesempatan memperbaiki dan membuat setting ulang. Dan harap diingat, layanan ini sepenuhnya gratis!

Tips dan Trik Membuat Blog

  1. Gunakan nama yang unik dan mudah dihafal untuk blog Anda. Misalnya “surga” atau “koala” dan hal-hal yang unik yang mudah dihafal orang.
  2. Pergunakan warna yang tenang untuk tata letak blog. Tapi tidak perlu yang sangat kontras, seperti merah dan kuning. Cari warna yang kalem, dan membuat orang betah untuk membacanya. Pilihlah warna muda, misalnya putih yang netral, biru, coklat muda atau yang gelap, hitam. Perhatikan kekontrasan layout dengan huruf.
  3. Dalam posting, pergunakan huruf yang simple dan ukurannya mudah terbaca. Pilih huruf yang mudah disukai orang. Lalu, pergunakan bahasa yang lugas, sehingga orang yang membaca merasa tidak terbuang waktunya mengunjungi blog Anda. Yang penting juga, dalam satu paragraf, jangan terlalu banyak tulisan. Singkat saja.

No comments:

AddThis Feed Button
Bloggers' Rights at EFF

Google News

KabarIndonesia

Eramuslim

Syariah