Kini jadi anggota Gema Pembebasan makin mudah. Mahasiswa putera dan puteri di Jawa Timur, daftarkan diri Anda jadi anggota Gema Pembebasan secara online. Gratis! Tinggal buka weblog Gema Pembebasan Jawa Timur dan isi formulirnya. Semua biodata kamu akan langsung masuk ke database Pengurus Wilayah (PW) dan segera ditindaklanjuti per kota atau bahkan per kampus.

Form Pendaftaran Anggota Gema Pembebasan

     
   

 
   
     

Sunday, November 4, 2007

Bagaimana Pancasila Itu: Sebuah Tinjauan Filasfat Kebangsaan

Oleh: Dn Antasena

KabarIndonesia -
Pancasila lahir pada pidato Sukarno pada 1 Juni 1945 dalam rapat PPKI membahas tentang pembentukan Negara Indonesia yang merdeka. Pancasila adalah falsafah Negara; pondasi; yang diistilahkan bung Karno sebagai “weltanschauung”. Corak kebangsaan, yang tak pernah akan berubah dan selalu begitu adanya. “Pancasila” adalah salah satu pilihan diantara 3 nama corak kebangsaan itu. Dua lainnya adalah “Gotong Royong” dan “Trisila”. Kebersatuan, bukan kesatuan!!

Jika sekarang ini Pancasila dijadikan sebagai asas tunggal, sama halnya dengan “mendustai” hakekat Pancasila itu sendiri. Pancasila, sekali lagi, adalah kegotongroyongan; kebersatuan; kebersatuan, dimana perbedaan menjadi kekayaan, bukan menjadi kelemahan. Sejak dari dulunya, bukan Pancasila yang mengajarkan kepada kita tentang phobia terhadap perbedaan. Pancasila yang saya pelajari di bangku sekolah dan kuliah, sama sekali berbeda dengan maksud yang dikandung dalam pidato Bung Karno di hari kelahiran Pancasila itu. “Ketuhanan Yang Maha Esa” yang menjadi ekspresi bahwa eksistensi Indonesia mustahil tanpa Rahmat Tuhan, diterjemahkan oleh orde baru menjadi agama hanya 5 di Indonesia; yang selain itu dinamakan kepercayaan.

“Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab”
yang ditranslasi dari “Internasionalisme/Perikemanusiaan”, sebagai tekad bangsa Indonesia untuk berperan aktif membebaskan dunia penjajahan dan penindasan, diterjemahkan orba sebagai perilaku saling mengasihi sesama manusia dengan pendangkalan pemahamannya.

“Persatuan Indonesia” dari asalnya “Kebangsaan Indonesia” yang merupakan cermin Kebersatuan daerah-daerah yang beraneka-ragam adat-istiadatnya sebagai kekuatan nasional, diterjemahkan sebagai keharusan menjunjung tinggi rezim pemerintahan dengan dalih kepentingan stabilitas keamanan nasional.

“Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan” yang ditranslasi dari “Mufakat/Demokrasi” sebagai ekspresi demokrasi kegotongroyongan dalam masyarakat Indonesia untuk mencapai mufakat, diterjemahkan orba menjadi demokrasi kapital; demokrasi berdasarkan siapa yang punya modal lebih besar.

“Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia” yang menjadi dasar Sosialisme Perekonomian Indonesia diselewengkan menjadi percepatan kemakmuran beberapa gelintir orang untuk mewakili statistic bangsa Indonesia secara keseluruhan.

Lebih jelasnya, Bung Karno menyingkat Pancasila menjadi Trisila, seperti idolanya Dr Sun Yat Sen (dengan “San Min Chu I”-nya), yaitu Ketuhanan, Sosio-Nasionalisme (“Kebangsaan” dan “Perikemanusiaan” atau “Persatuan Indonesia” dan “Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab”), serta Sosio-Demokrasi (“Demokrasi” yang menjadi sila ke empat “kerakyatan yang dipimpin…” dan “Kesejahteraan” yang menjadi “Keadilan Sosial….”). Dan pilihan terakhir,” Gotong Royong”, adalah istilah yang paling mudah dimengerti, apa dan bagaimana sebenarnya jiwa dan falsafah bangsa Indonesia; weltanschauung-nya Indonesia; coraknya bangsa Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Itulah yang membuat persatuan Indonesia, tanpa harus menjadi sebuah kesatuan politik; kesatuan falsafah. Kita bersatu meskipun Indonesia berbeda. Kita menjadi sebuah bangsa baru, Imagined Community, karena diatas perbedaan itu kita berjuang bersama, untuk tujuan yang sama. Dan jika sekarang ini ada orang, bangsa Indonesia, yang mengajukan Pancasila sebagai asas tunggal dari apapun bentuk persatuan aspirasi politik, itu sama halnya dengan memfitnah Pancasila. Bisa karena mereka tidak mengerti apa itu Pancasila, bisa juga karena keinginan untuk menang sendiri; sangat berlawanan dengan falsafah dan corak kegotongroyongan bangsa Indonesia. Jelasnya, itu bukan aspirasi politik bangsa Indonesia; itu adalah serangan ideologi dari luar Indonesia.

No comments:

AddThis Feed Button
Bloggers' Rights at EFF

Google News

KabarIndonesia

Eramuslim

Syariah